29 March 2013

Diculik emak-emak.. ;)

Kisahnya belasan taun lalu, pas saya masih kelas 2 SD, kira-kira waktu itu umur saya baru 7 tahun. MasIh pake rok mini, jepit rambut yang unik-unik. Ibu yang gemar merias saya membuat saya menjadi anak yang selalu dicubit sama ibunya temen-temen saya. Katanya “lucu” “imut”, tapi pas udah segede gini, saya mikir, yang dibilang “lucu” atau “imut” tuh saya’nya atau jepitan rambut yang saya pakai.hahaha... 

Seinget saya, dulu ibu emang gemar banget makein jepitan laba-laba, kupu-kupu, bunga di rambut item saya, pas suatu hari agi jajan di sekolah, si pedagangnya bilang “neng, itu di kepalanya ada laba-laba” hahaha, padahal itu jepitan laba-laba favorit saya. Sayangnya jepitan itu hilang entah kemana, padahal sekarang udah jarang tuh jepitan rambut yang lucu-lucu. Oh ya, pernak-pernik yang juga dikoleksi waktu kecil itu bando “kacamata” jadi bandonya bentuk kacamata, pas dipake di kepala nempel banget kyk kacamata, dulu saya punya 3 bando kacamata dengan tiga warna pula, lagi-lagi bando itu hilang entah kemana. Selain jepitan, bando, saya pernah punya cincin kupu-kupu, kalo cincin itu lagi dipake, kupu-kupunya menggoyang-goyangkan sayapnya, wah lucu pokoknya, dulu saya punya dua cin-cin kupu-kupu, dan lagi-lagi ENTAH DIMANA.. 

Kegemaran ibu yang suka merias saya pake pernak-pernik yang lucu-lucu itu memang terasa full dilakukan ke saya saja dibanding adik-adik saya, kata ibu saya-lah yang bisa diatur waktu kecil, kalo disuruh potong rambut, nurut aja, meski nangis pas lagi dipotong tapi tetep mau, itu sih “potong rambut pasrah” kalo kepala gerak, takutnya telinga yang kepotong bukan rambutnya. Hehe... 

Tapi, meski saya penurut “waktu kecil” J saya sering hilang. Mungkin karena dulu anak sebatang kara, gak punya temen seumuran untuk maen, jadinya suka maen dibawah tangga rumah sendirian sama boneka-boneka atau maenan lainnya. Saya pun sempet ilang pas lagi acara keluarga di rumah nenek. Orang-orang nyari saya kemana-mana, ibu saya udah panik setengah mati, ternyata pas dicari secara teliti, saya sedang tidur sama boneka saya di gudang beras rumah nenek. :D Walhasil untuk mencegah kehilangan lagi, atas usul orang-orang, ibu memasangkan gelang kaki atau yang dikenal dengan nama “gengge” sampe umur saya 7 tahun. 

Okey, saya berterimakasih kepada kelucuan saya, karenanya ibu dapet sepaket susu SGM selama 3 bulan berturut-turut karena saya jadi Juara Favorit Bayi Batita (Bawah Tiga Tahun) di majalah Nova. Coba kalo sampe sekarang lomba photo-photo, mungkin fans-nya udah dimana-mana,hahaha.. Tapi saya bener-bener gak inget pernah menang lomba itu, ya secara masih orok. Untungnya saya pernah liat photonya, namun lagi-lagi karena rumah saya terus berubah posisi, photonya ilang juga. 

Namun jadi anak lucu itu punya beberapa kerugian, selain jadi bahan cubitan ibunya teman-teman, saya juga pernah diculik selama beberapa jam ke tempat yang sepiiii banget. Diculik emak-emak dengan rambut sebahu ngembang, pake lipstik merah, rok selutut. Awalnya dia nanyain tempat ke saya pas saya lagi jajan sate usus di depan sekolah, saya bilang “gak tau bu”, lalu dia bilang “coba tanya ke temen-temennya” akhirnya saya ngajak Sherly, Yurike, Devi, Hesti. Dengan diiming-imingi uang, kami berlima mengantar ibu itu ke sebuah tempat yang jauh dari sekolah. Saya nanya ke ibu itu “bu, kita mau kemana? Kok kita muter-muter terus daritadi, capek nih” ibu itu hanya bilang “ayo ikut saja, kan saya cari alamat ini”. Setelah berjam-jam kita muter-muter gang, rel kereta api, berhentilah di gang yang sepi, gak ada orang yang berlalu lalang. 

Dimulailah aksi emak-emak penculik itu. Pertama, dia mendekati Sherly, temen saya berkulit sawo matang, dia memang tampak mewah, jarinya, pergelangan dan telinganya dipasangkan perhiasan emas yang cukup mewah, emak-emak penculik itu berdalih “Neng, antingnya mau lepas, ibu lepas aja yah takut jatuh, sekalian aja sama cincin gelangnya, ibu simpan di tas”. Yang saya liat emak-emak penculik itu nyimpen perhiasan Sherly ke kertas yang udah disiapin, lalu di masukin ke tas Sherly. Setelah perhiasan Sherly dilepas ama emak-emak itu, berikutnya entah siapa lagi, saya lupa. Yang pasti saya adalah orang terakhir yang diminta untuk melepas perhiasan yang dipakai, waktu itu saya hanya memakai anting dan gelang kaki. Pas emak-emak itu mau lepas anting, saya bilang “anting saya udah kuat ko bu, ibu saya yang bilang kemaren ke saya, jadi nggak mungkin lepas lagi” dengan kepolosan waktu kecil, karena tepat satu hari sebelumnya anting saya lepas lalu ibu membetulkan dan bilang “Icha, antingnya gak akan lepas lagi, udah kuat sekarang!!”. Tapi penculik itu mendengar gemerincing dari kaki saya yang cukup nyaring, dia bilang “tuh gelang kakinya mau lepas,” entah dihipnotis atau apa, saya nurut saja melepas gelang kaki. Andai saja ibu juga bilang “Gelang kakinya gak akan lepas” saya gak akan melepas gelang kaki yang saya pakai. 

Tepat pukul dua siang, kami berlima diantar lagi oleh penculik itu ke gerbang sekolah. Penculik itu memberi uang SERIBU rupiah untuk dibagi lima, satu dari kami masing-masing dapet DUA RATUS RUPIAH. Uang itu langsung saya jajankan sate usus lagi di depan sekolah. Sesampainya di sekolah ternyata orang tua Sherly dan Yurike sudah mencari kami. Lalu kami cerita ke orang tau Sherly dan Yurike kalau kami habis anter ibu-ibu dan mereka melepas cincin, gelang dan anting. Sontak saja orang tua Sherly dan Yurike kaget, langsung nanya “sekarang mana cincinnya?”. Sherly, Yurike, Devi, Hesti dan saya mengeluarkan kertas yang digulung oleh karet dari dalam tas. Orang tua temen-temen yang waktu itu masih ada termasuk guru-guru sangat kaget pas kertas yang “katanya” berisi perhiasan hanya sebuah gulungan kertas yang diikat oleh gelang karet. 

Saya hanya diam pas liat kertas yang saya kira ada gelang kaki ternyata diambil oleh orang yang gak dikenal. Setengah jam kemudian, ibu saya pun datang ke sekolah. Saya termasuk bocah yang tegar waktu itu, saya nggak nangis seperti temen-temen yang lain. Saya hanya diam, dan pas ibu dateng, saya menceritakannya dengan tenang juga. Yang saya inget, saya hanya dipeluk dan dicium ibu “gelang kaki gak apa-apa hilang, asal bukan kamu yang hilang” ucap ibu kurang lebih kayak gitu. 

Yah, setelah kejadian penculikan itu, saya tidak pernah memakai gelang kaki lagi. Gelang kakinya diambil emak-emak penculik ketika saya berumur 7 tahun. Gelang kakinya diganti oleh uang DUARATUS rupiah yang dengan cepat saya belikan dua tusuk sate usus depan sekolah. :D 

No comments:

Post a Comment