2 June 2012

Tips Diet Ala "Gue"



Bismillahirrahmanirrahim,
Selamat bulan Juni blogger semua. Tiba saatnya buat share resep diet yang udah banyak yang request dari kemaren-kemaren. Tadinya kalo ada yang nanya aja baru dikasih. Cuman semakin kesini banyak yang nanya juga..hehehe...

Oke deh 3 bulan yang lalu, gue sempet sakit dan berobat ke dokter. Terus dokter nyaranin buat diet, akhirnya sang dokter ngasih jadwal makan (ntar salah satu tips ada jadwal makan tersebut). Makin kesini keinginan untuk diet itu terus membesar, gue googling dari mulai tips diet, obat-obatan herbal sampe gue search tumbuhan alami buat nurunin berat badan dan hasilnya nihil abis.

Selang 2 minggu dari itu tetangga gue ngasih nama obat buat nurunin berat badan, namanya L**** (kalo ada yang mau nanya DM aja ya di twitter @chubbycha2). Akhirnya gue coba dan hasilnya..... turuuuunnnn....... seneng banget pas liat timbangan gue turun 7 kg dari sekian ke sekian. Hehehe...
Cuman gue mikirin efek samping kalau terus-terusan makan obat itu. Akhirnya gue googling lagi dan akhirnya gue ngerumusin diet gue selama 2 bulan terakhir ini. Obat yang dipake cuman buat ngebantu aja, karena hasil yang memuaskan ya tergantung ke yang mau dietnya lagi.
Nah, ini tips dari gue buat yang mau diet (selain pake obat tersebut ya sob, soalnya seherbal apapun obat berbentuk kapsul tetep aja ada efek samping yang mungkin akan tampak beberapa tahun kemudian, nggak mau kan??) :
1.       Niat. Sesuai dengan hadits dalam kitab Bukhori nomor pertama, bahwa segala sesuatu harus diawali dengan niat. Niat disini bukan karena pengen keliatan cantik aja, yang penting adalah buat KESEHATAN kita. Sebagai saran juga, kita nggak boleh takut nimbang berat badan kita. Dari awal niat diet harus di check dulu berapa badannya. Tentunya kita harus punya TARGET. Cara menentukan target itu dengan rumus Brocca “(Tinggi Badan - 100) - 10% (Tinggi Badan - 100)” kalo pengen lebih jelas klik disini

2.        Pola Makan. Satu kata dengan proses ini yaitu “LELAH”. Disini gue pengen ngasih tau bahwa semua kelelahan akan terganti dengan keberhasilan. Insya Allah J. Kenapa demikian, karena kita harus milih-milih makan, karena kalori yang harus kita masukan ke dalam tubuh harus sedikit tapi bertenaga, karena jumlah kalori yang sudah ada sangat besar. Nah, ini dia jadwal makan yang dokter kasih :
a)  Jam. 06.00, Sarapan. WAJIB. Hehe.. banyak orang yang menyepelekan sarapan, padahal manfaatnya lebih banyak. Hal ini bisa membuat kita bertenaga hingga siang dan nggak banyak ngemil.
b)    Jam. 09.00, Ngemil. Dokter yang meriksa gue waktu dulu nyuruh ngemil biscuit non lemak dan cukup satu buah biscuit, bisa diganti juga dengan buah-buahan. 
c)     Jam. 12.00, LUNCH. Wajib lunch buat energi kita ampe sore hari. Nah dalam memakan makanan yang berat kayak nasi, porsi yang gue pakai selama ini hanya 6 sendok.
d)   Jam. 15.00, Ngemil lagi. seperti ngemil di pagi hari, biasanya gue makan yogurt 0% lemak. Dicampur buah-buahan seperti apel, stawberry, mangga dan jeruk. Kalo suka wortel, kita bisa ngemil wortel mentah, yang diteliti untuk menghancurkan lemak yang udah ada di tubuh
e)        Jam. 17-00/18.00 LUNCH, makan berat juga dan tetep harus terkontrol


Selain jadwal makan diatas, kita harus cukup minum air putih (gak lebih dan gak kurang, yaitu 8 gelas). Air putih itu selain untuk mengenyangkan, juga untuk mendetoks racun yang ada dalam tubuh, melancarkan peredaran darah, memompa jantung agar lebih sehat dan masih banyak manfaat lainnya.
Oh ya, pernah googling nih ternyata satu cara buat mengenyangkan itu memakan jelly, selain untuk mengenyangkan juga untuk melancarkan pencernaan. Biasanya satu bungkus jelly itu pakai setengah gelas gula putih, gula yang gue pake cuman 2 sendok aja.
Makanan yang harus sedikit terkontrol itu, roti putih, nasi putih, terigu-teriguan, gula putih. Yang putih-putih itu bisa kita ganti, roti putih jadi roti gandum, nasi putih jadi nasi merah, gula putih jadi gula merah. 

3.    OLAHRAGA. Nggak ada yang instant di dunia ini, semuanya membutuhkan proses. Luangkan waktu 30 menit buat olahraga. Senam-senam kecil, jogging di komplek perumahan, lari-lari kecil, berenang, atau olahraga yang menyenangkan buat kita.
Selama ini gue jogging di lapangan Sabuga tapi cuman seminggu sekali tambahannya gue pake alat olahraga Multy Magnetic Trimmer, lumayan 30 menit sambil dengerin 7 sampe 8 lagu, tapi jangan terlalu memaksakan ya, jika capek kita harus berhenti dulu lalu mulai lagi. Nih alatnya kayak gini
Bisa klik disini


Nah, blogger selama dua bulan ini gue lakuin itu. Asli ya capek banget, lelah, menghindar dong dari makanan yang biasa dimakan kayak sate, gulai, rendang, bala-bala, bakso, kue, chiki-chikian dan masih banyak lagi. tapi tetep kita harus mengisi perut kita dengan protein kayak ikan, juga pakai vitamin kayak madu, atau susu 0% lemak.
Sekali lagi gue saranin jangan terlalu obsesi buat langsing karena itu bikin capek, yang penting niat kita jalani, enjoy wit your target.
Silahkan mencoba buat yang mau diet.. Kita berakit-rakit dahulu bersenang-senangnya kemudian. Silahkan share juga tips-tips diet lainnya...

Alhamdulillah...

No comments:

Post a Comment